Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Selasa, 24 April 2018

RPP Matematika Kelas XII Kurikulum 2013

Posted by gurumapel  |  No comments



                                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                               (RPP)

Nama Sekolah              :     SMA Nusantara 2 Majalengka
Mata Pelajaran             :     Matematika
Kelas / Semester          :     XII / I
Materi                          :     Aljabar
Alokasi Waktu             :     2 jam pelajaran (1 pertemuan).

 A. Standar Kompetensi     :     1.     Menyelesaikan masalah program linear.
 B. Kompetensi Dasar        :     1.1.  Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
 C. Indikator                       :     1.     Mengenal arti sistem persamaan linear dua variabel.
                                                 2.    Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear
                                                        dua variabel.
  D. Tujuan Pembelajaran

  1. Peserta didik dapat mengenal arti sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang  ditanamkan:      Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    2. Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    3. Karakter siswa yang diharapkan  : 
    Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
    4. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
    Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.
E. Materi Ajar
Sistem persamaan linear.

F. Metode Pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, diskusi.
- Strategi Pembelajaran
- Tatap Muka    Terstruktur    Mandiri

    Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel. Mengenal arti sistem persamaan linear dua variabel. Siswa dapat Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.

    Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Apersepsi  : Mengingat kembali materi mengenai persamaan garis dan pembuatan grafiknya, serta cara menentukan titik potong dua garis.
Motivasi     : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengenal arti sistem persamaan linear dua variabel dan menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel.
    Kegiatan Inti
    Eksplorasi
    Dalam kegiatan eksplorasi :
    Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjelasan arti sistem persamaan linear dua variabel dan cara menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi mengenai sistem persamaan linear, cara menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai arti sistem persamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas mengenai penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dan penentuan sistem persamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

    Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi,
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian beberapa persamaan yang merupakan persamaan linear dua variabel, penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian dari persamaan linear dan sistem persamaan linear dua variabel yang diberikan, serta penentuan sistem (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    Persamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar, sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh soal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.).
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket halaman tertentu sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
    Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a.    Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
b.    Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras).
3. Penutup
- Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai sistem persamaan linear khususnya sistem persamaan linear dua variabel. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
    Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);
    Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan sistem persamaan linear.dari soal-soal latihan dalam buku paket yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.);

H. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
    Buku paket, yaitu buku Matematika SMA Kelas XII Semester Ganjil Jilid 3A, Penerbit Erlangga, karangan Noormandiri.
    Buku referensi Penerbit Esis, Grafindo.
Alat :
    Laptop
    LCD

    Penilaian




Kunci jawaban :

 


Mengetahui :                                                                               Majalengka, 05 Maret 2018 
Kepala SMA Nusantara 2 Majalengka                                       Guru Mata Pelajaran,




…………………………..                                                          BAMBANG HERMAWAN
…………………………..                                                          NIP.

April 24, 2018 Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Get updates in your email box
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
Proudly Powered by Blogger.
back to top